12 March 2015

Lone Rider’s Note : Tambaless

Hola hola blog ane kudeta. Ini perkara ban tubeless dahulu, setelah sekian lama pake, bocor adalah keniscayaan, mungkin karena ane yang males ngecek kondisi si corsa ini. Kali ini mo bagi pengalaman seputar ban tubeless, cara perawatan dan kendalanya. Pertama uda krasa nih, si corsa cepet bener kempesnya? meski gak seketika itu jugak kayak ban tube type biasa, awalnya bodo amat, mompa di pom bensin( biasa cari yang gratis coz di tukang pompa bayar 2000 kan sayang wkekeke) pompa, beres. lanjot ke kantor. Besoknya gitu juga, kok agk kempes, pompa lagi dah beres. Akhirnya pas pulangnya penasaran, kempes lagi? v a a k. Dicek ternyata ada yang nyempil....


Ini nih biang keroknya, akhirnya nyari tukang tambal ban yang ane tau deket situ. Ditambal lah si corsa, ditusuk ama obeng dan disusupin semacam karet gitu.. fiuh slese..




Beres, bayar 10000 ribu setelah basa basi biar dapat murah, oke cabut pulang. Eh ketemu temen lama, ceritalah ke temen, Dia kaget buat apa ditambal pake gituan, malah ngerusak ban tubelessmu! syiiit... :( baru tau, disitu kadang ane merasa sedih hiks. Katanya, kalo mau awet ban tubeless, jangan biasain ditambal model gitu karna itu ngerusak komponen ban, kalo ama cara ditusuk dan disusupin karet gitu. Ntar bisa aja potensi lubang di tempat yang sama. Tros gimana bro? kata ane. Kamu beliin aja lem alteco ato lem g skalian, tapi bagus. Intinya kita manfaatin kelebihan ban tubeless dimana dia kalo bocyor gak segera kempes, jadi kita ada waktu untuk siapin reparasi sndri,....

Pertama ambil si tersangka yang bikin ban bocor, kasih tanda di tempat yang bocor tadi, trus kurangi angin di ban itu, lalu olesin deh ama lem tadi , bisa dibantu ama tusuk gigi, ato paku kecil jarum kecil yang intinya mbantu cairan lem masuk ke celah2 lubang bocor. Ok udah, trus kata temenku tungguin sampe kering dulu. Lalu pompa lagi, cek lagi uda gak bocor lagi gak? kalo gak berarti operasi suksessss..

Oooooh gitu.

Nah, gitu deh sekelumit cerita ane, yang inti dari smua ya kalo punya ban tubeless rajin ngecek kondisi ban, ideal pagi sih, diliat ada benda asing gak yang nancep, jadi jangan males2 kayak ane yang akhirnya berujung di tambal ban yang sembarangan...huaa..

Oke sekian dolo ya. dikit aja coretan ane makase. #nyalainmotor #balikinkuncibloger 

2 comments:

  1. Info bermanfaat nih, sementara blm bocor ban tubles ane nih boss.
    Kl ane beli cairan ajaib 15rb yg dituang dlam kompon ban tubles, andai bocor tengah jalan ga perlu pusing nyari pom bensin buat isi angin atau nyari bengkel buat nambel ban, cairan ajaib ini secara otomatis menambal ban tubles ente disaat ban itu bocor... And than, jalan terus aja tanpa takut kempes. Udh ah ane mau ngopi duly

    ReplyDelete
  2. ahh ente ngopi gak ngajak2, aslinya ane uda kezel ama tubles, pengen balik ban biyasa aja ntar deh artikel baru ane jabarin...thx uda mampir di blog reyot ini *lempar goceng*

    ReplyDelete