20 February 2015

Google Analytics [bagian.1]

Hola hola jumpa lagi, kali ini mencoba iseng bahas Google Analytics. Untuk digaris bawahi, ini sebatas sepengetahuan saia ya, kurang atau lebaynya saia mohon maaf. hehey

Jadi gini, jikalau ada temen yang lagi ngelola website, ntah berbayar atau cms gratisan, ada baiknya mencoba Google Analytics ini. Slain gratis cukup masuk lewat akun gmail, juga ente gak perlu siapin duit apa apa,hehe modal konek inet doang . Yakalo situ onlen lewat wifi gratisan kantor kan gpp, hemat banget kan. Ato punya temen lagi thetering wifi kan lumayan bisa nebeng inet.hehe

uda ah, langsung aja, intinya si Google Analytics ini tugasnya menampilkan kayak statistik pengunjung web kita. bisa liat siapa yg lagi onlen di web, dia lagi nge klik ato baca page apa , durasi dia buka web kita, lagi search apa, kamu dimana, sama siapa , lagi apa, semalam berbuwat apa *laaaah ngelantur*.

Tros, kalo mau liat tampilannya kayak gini nih, ini contoh aja:



Misal gambar diatas, kan kliatan tuh, itu ada nomer 1 - sekian, itu adalah daftar kata kunci yang didata Google Analytics di search engine, dimana kata kunci tersebut berkaitan ama web kita masing2. Yang teratas berarti kata yang sering dicari user di search engine. Nah om, manfaatnya apaan? gini, kalo uda tau behaviour user kayak gitu, kitanya kan jadi mudah buat nulis di meta data web, kata ato kalimat yang sama, jadi alamat web kita semakin mudah dicari ama user di search engine, alias nama web kita dipastikan di urutan teratas di search engine..... gitu.
fyi, menu diatas bisa ente temuin di menu akuisisi>>kampanye>>kata kunci organik. 

ok next.

kalo gini, apaan lagi?:



Nah kalo ginian, saia gak ngerti, bentar.  *seduh kopi*.
Ok gini, itu kan menu konversi>>corong multisaluran>>ikhtisar (bahasanyaa duh,corong:( ), isinya tentang darimana user mengakses web kita. Kan kliatan tuh ,a da 3 item dimana user mengakses web, yang pertama lewat Penelusuran Organik (lewat search engine), kedua lewat Langsung (langsung ketik alamat web di browser) ama Rujukan ( link website lain ). kan kliatan ternyata user tau web ini kebanyakan dari dia cari di search engine, semisal gitu. jadi analisanya, kalo banyak user yg mencari lewat search engine, berarti blom terlalu banyak dikenal nama websitenya, sementara yg gak pake basa basi langsung ketik nama web cuma dikit, gak banyak yg kenal, mungkin dia pemalu, mungkin dia introvert, mungkin dia jaim gak mau kenalan dulu, mungkin gitu. 

next woi next! 




Wah apaan tuh ada android browser segala? nah , menu ini dapat ente explore di menu perilaku>>kecepatan situs>>ikhtisar. Sedikit penjelasan, yang saia tau, ini maksudnya adalah, berapa lama laman/ halaman web yang diakses, didapat rata2nya. Ternyata user lebih suka gak lama2 buat buka sana sini, cukup 25,74 detik doang. Lah ngapain aja? keburu cabut aja. Tros lagi, ada tuh, web ini diakses dari mana saja, ada yang dari android browser, uc browser, firefox ama chrome. Analisanya gini mungkin, ternyata user sukanya akses dari smartphone mereka, tuh, terlihat aksesnya lebih cepat, android am uc kan browser yg kita familiar tau kalo di smartphone? sementara chrome ama firefox umum di dekstop pc. okesip.

oya, di Google Analytics ini juga bisa loh, nyaranin apa apa aja yang bisa dibenahin di web kita, semisal untuk mempercepat akses web dari hape, dari pc, ato ada script yang berpeluang berbahaya, dll .
nih kayak disini : 


naaah, misal saia mesti memperbaiki apa aja di laman web ini, gitu. Nah sebenarnya masih banyak yang bisa diplajari lagi, cumak biasalah saia malas, ntar kalo uda semangat ama gak lupa, saia posting lagi. Oke guys, segitu yang saia tau, mungkin ntar2 kalo ada update ilmu di otak saia update2 lagi, info awal Google Analytics dari akun twitter  +Jagoan Hosting Indonesia  monggo difollow, dijamin tips trik ama info2 seputar web ama ginian pasti super lengkap, apalagi miminnya baek hati slalu siap melayani hahaha. bye.


salam zuper.

referensi : google analytics, @jagoanhosting

No comments:

Post a Comment