20 September 2011

aplikasi forecast sederhana


Wah,cuaca akhir2 ini semakin susah diajak kompromi.bentar panas menyengat,bentar juga hujan deres gak karu-karuan.sedikit mengganggu fren2 smua beraktifitas di jalan raya.Selain selalu berdoa dulu, tetep jaga kesehatan dan ber-safety riding-ria,juga harus tetep semangat semakin di depan menantang cuaca apapun :D..oke bro..
Mungkin beberapa fren2 smua sering/kebayakan aktifitas di luar kantor.mau berangkat kemana,tahu 2 hujan tanpa kita persiapkan sebelumnya.daripada susah2 menunggu ramalan cuaca,ada baiknya kita share tentang aplikasi forecast yang oke punya bro..dan yang penting mudah dipahami plus free lisensi.
Oke,pertama unduh filenya disini, nanti tinggal register aja pake email...gratis.
Oke saya asumsikan file telah di download dan diintall.(tiggal next-next aja kok)
Berikut tampilan pertamanya.

























pilih select area..


























langkah selanjutnya:
  1. select area yang kita inginkan.
  2. lalu akan muncul pemberitahuan untuk memilih lokasi penyimpanan file grib.
  3. download grib file.























jreng..! hasil akhirnya :D






















Cukup mudah untuk memahami hasil forecast yang ditampilkan.Garis kecil2 di tampilan adalah Windbar pada daerah tersebut.Warna biru yang menutupi area adalah Accumulated Rain, yaitu daerah yang berpotensi hujan/berawan.Dan garis panjang adalah garis Isobar.























Bingung? lebih mudahnya,tinggal liat aja daerah yang warna biru..dimana saja potensi hujan berada,jam berapa akan terjadi.Ingat,jam yang ditampilkan aplikasi adalah jam UTC.Karena kita di Indonesia,maka harus ditambah 7 jam(UTC+7.00).Fitur2 lainnya gampang untuk dipelajari lagi..
Selamat berkreasi,semoga bermanfaat..:)

No comments:

Post a Comment