05 July 2017

IGPManager Tips Ringan #06 : Wet Race


Ujan yang bikin galau. Uda DRS gak aktif, gak bisa pake strategi towing ato backmarkeran, makin susah kalo salah setting pilihan ban, atau pas race tau2 mobil masuk pit buat buru2 ganti ban kering. wtf?!!

Oke frens, sabar jangan pada sensi or esmosi, ngopi - ngopi dulu lah, sambil setel lagunya bang Benyamin, adem toh. Oke uda fresh? yuk lanjut saia bahas dibawah nih:
  • Slalu cek forecast weather di sirkuit tersebut. Cara umum, ya lewat menu weather di iGP Manager sendiri, klik weather forecast maka tampil forecast untuk 4 hari kedepan di sirkuit tersebut, gampangnya biar gambar yang berbicara:

(klik menu next race, muncul seperti diatas tuh)


(di iGP Manager used live real world weather loh ya)



Cara gak umum, pake aplikasi weather di HP ato di web. Misal, pake aja accuweather.com, lalu search nama sirkuit tersebut berada, misal Silverstone (GP Inggris). Lalu liat detail per jam, liat forecastnya pada jam waktu kalian live race. Liat yang penting aja ya, macam suhunya, ujan apa gak pas jam itu, lalu sejam lagi apa masih ujan, dan seterusnya.

  • Berikutnya setting ban di advanced options. Saia biasanya pakek set full wet di settingan iGP Manager,  karena selain lebih awet pemakaiannya, juga (umumnya) lebih cepet dapet pace di wet race daripada ban intermediate.
(advanced options, tempat setting ban basah dan kering)

Jadi, penjelasannya untuk gambar advanced options diatas, yang ban warna biru adalah ban full wet tyres , yang ijo itu ban intermediate tyres. Trus saia set ke 1 mm (milimeter), artinya 1 mm curah hujannya. Jadi simpelnya gini, saia akan pake ban full wet tyres jika hujan waktu race dan curah hujan sebesar 1 mm. Secara default, advanced options ini sebenernya cuman akan memilihkan ban intermediate tyres dengan set 0 mm. Jadi sistem memilihkan mobil untuk ganti ke ban intermediate sejak pertama hujan!! Nah ini yang ...ya very tricky. Karena kalo ujannya ujan galau, bentar ujan trus gak sampe 1 mm, reda, ujan lagi, reda, mobil bakal kluar masuk pit tiap lap cuman buat ganti dari ban kering ke basah. Nah, makanya kalo saia cari amannya, set ke 1 mm aja. Jadi kalo ujan, tapi blom 1 mm, ane masih pake ban kering ,resikonya laptime mobil saia melambat tapi saia masih ada rentang waktu untuk change strategy ke ban basah apa spekulasi tetep kering? Misal lap kurang 3 lagi dan hujannya gak langsung deras, 0,2 mm seperempat lap, 0,3 mm setengah lap, 0, mm 1 lap, bisalah saia brani spekulasi untuk pake ban kering daripada kehilangan posisi waktu masuk pit.  Beda kasus kalo ujan langsung deras, belum 1 lap uda 2.0 mm misal, yauda langsung pitstop aja ganti wet tyre. Yak gitu sih, menurut buku primbon iGP Manager yang saia barusan beli...wwkwkwkwk.
(eh kepleset!!)

  • Yang terakhir, strategi saat live race. Setelah strategi post race diatas, cek forecastnya, set pilhan bannya, nah yang gak kalah penting di iGP Manager ini ya pas live race. Usahakan slalu liat indikator cuaca di pojok kanan atas. Nih kayak ginian : 

(live race, perhatiin pojok kanan atas ya frens! )

Liat indikator curah hujan berapa mm. lalu ikon cuacanya, hujan, apa cerah, apa cerah berawan, dan suhu. Kalo ujan bakal terlihat di indikator cuaca diatas. Dan persiapkan untuk pitstop, atur bahan bakar yang bakal dibawa untuk berapa lap, main aman bisa pake full wet tyres, dengan fuel yang cukup tentunya. 



TAMBAHAN : 

Slain fitur DRS yang gak aktif waktu wet race, pengaturan push level juga berbeda di wet race iGP Manager, ban tidak perlu terlalu hangat , bahkan cukup dijaga pas warna biru / cold saja uda dapat race pace yang bagus. Kayak gini, jaga jarum indikator di kondisi cold, yang saia lingkari kuning.


Nah...bahkan ada sirkuit yang justru bagus dan awet ban wet racenya pake intermediate. Yak! itu di GP China. Aneh banget ya. Bahkan ban intermediate disana aja bisa awet banget, tyre usage per lap bisa tembus cuman 3% doang. Amazing.


===========================A46=========================





OKEEEE sekian aja tips dari saia, smoga berfaedah wkwkwk...Kalo gak juga gak apa2. Oya disclaimer berlaku ya, jangan sekali - sekali percaya tulisan saia , karna itu bisa aja salah bisa aja benar, oke see you next race! sayonara! 


UPDATE :
Frens, setelah meliat race Belgian GP yang sangat - sangat mengecewakan, dimana flag to flag race (dry-wet-dry) ada update yang terlewatkan : di iGP Manager terbaru versi Beta ini, batas tertinggi untuk ban full wet adalah ≥ 3.0 mm ! .Jadi untuk race masih dibawah 3.0 mm, race pace terbaik adalah ban intermediate . Dan jika ngotot masih pake full wet, ban akan overheating, akhirnya kecepatan mobil menurun. Jadi tulisan sebelumnya terpaksa saia coret seperti diatas. Untuk advanced options , set ke full wet ketika hujan sudah 3.0 mm, jika belum maka tetep make intermediate aja. oke, see yaw. thx Boomer.












No comments:

Post a Comment